Mengintip Bus Kopaja AC Jakarta
Setelah sebelumnya kami mencoba memposting mengenai Apa itu Monorel , sekarang armylookfashion.com akan mencoba memposting artikel tentang Kopaja AC yang mulai beroperasi di Jakarta pada awal bulan Agustus 2011 ini. Mari kita coba sedikit Mengintip Bus Kopaja AC Jakarta. Kopaja Sendiri merupakan singkatan dari (Koperasi Angkutan Jakarta) atau biasa di singkat Kopaja, adalah nama perusahaan yang menyediakan jasa angkutan umum berupa bus mini di Jakarta, Indonesia. Bus Kopaja berwarna hijau dan putih. Bus Kopaja sendiri identik dengan bus yang Kalau dilihat dari sisi keselamatan, kendaraan ini sangat jauh dari aman, dimana segi fisik dari kendaraan ini sangat sudah tidak memadai untuk berjalan, sebagai contoh adalah tidak berfungsinya alat pengukur kecepatan dan alat kemudi yang cuma seadanya. Kalau dipandang dari sisi pengemudi sering sekali tampak ugal-ugalan di jalan dan tidak memperhatikan rambu-rambu lalu lintas di jalan sehingga sering sekali membahayakan pengguna jalan yang lain. Melihat dari sisi ramah lingkungan, kendaraan ini juga sebagai penghasil polusi yang cukup besar yang diakibatkan oleh mesin yang tidak bekerja secara fit sehingga menghasilkan pembuangan karbon yang cukup berbahaya dari pembakaran tidak sempurna.
Bus Kopaja biasa
Bus Kopaja AC Executive
Tetapi ternyata pada tanggal 8 Agustus 2011 dioperasikan Bus Kopaja AC terbaru dengan jurusan dan rute S.13 dengan rute Ragunan Belakang – Slipi. Adapun Rute dari Bus Kopaja AC ini yaitu :S.13 (Kopaja AC)Mengintip Bus Kopaja AC Jakarta lainnya yaitu terdapat pada keistimewaan dari Bus Kopaja AC ini. Adapun keistimewaan Bus Kopaja AC Jakarta ini yaitu:
Ragunan Belakang – Cilandak KKO – TB. Simatupang – Pondok Indah – Gandaria – Mayestik – CSW – Semanggi – Slipi
- Kapasitas penumpang ini dibatasi hanya sekitar 34 penumpang saja dengan rincian 25 duduk dan 9 berdiri.
- Tidak boleh ada pedagang dan pengamen masuk
- Mengetem hanya di beberapa titik dan tidak sembarangan menaikan dan menurunkan penumpang
- Penurunan dan penaikan penumpang hanya di halte saja
- Untuk fitur keselamatan terdapat pintu darurat disisi kanan belakang dan sebuah palu untuk memecahkan kaca
- Pengemudi tidak ugal-ugalan karena, sistem pembayaran supir dengan cara digaji bukan kejar setoran seperti bus kopaja biasanya
- Apabila bus sudah penuh, maka tidak boleh ada penumpang tambahan dan di pintu depan tertulis bus sudah penuh
- Nyaman karena bersih, terdapat AC dan alunan musik
- Posisi bangku yang lega
- Hingga artikel ini diturunkan harga tiket Kopaja AC Jakarta masih Rp. 2000, tetapi rencananya Kopaja sedang meminta pengajuan kenaikan harga mulai Rp. 5000 s.d Rp. 7.000
Tampilan Bus yang baru, nyaman dan pantas dan layak untuk dipergunakan
Suasana di dalam Bus Kopaja AC
Apabila penumpang telah penuh kuotanya, maka akan ada tulisan Maaf Penuh
Kursi yang lebih lega menjadikan penumpang nyaman ketika duduk
Kira-kira bagaimana pendapat teman-teman setelah sedikit Mengintip Bus Kopaja AC Jakarta ini?berencana untuk beralih?..Pasti beralih tentunya. Masyarakat sebenarnya sangat mengidam-idamkan transportasi massal yang layak, nyaman, murah dan yang pasti bebas macet. Saat ini di Kota-kota besar kemacetan sudah menjadi suatu pemandangan lumrah, dan masyarakat sudah jenuh dengan kemacetan. Malah diprediksi tahun 2015 Jakarta akan macet total, mengingat pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor tidak sebanding dengan pertumbuhan jalan. Dan salah satu solusi yaitu optimalisasi dan penambahan dari transportasi massal.
0 comments:
Post a Comment